Rabu, 13 September 2017

PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK
Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika

IDENSTITAS BUKU          :

Judul Buku                  : PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK; Suatu Alternatif
Pendekatan  Pembelajaran Matematika
Penulis                         : Ariyadi Wijaya
Penerbit                       : Graha Ilmu
Cetakan                       : Pertama
Jumlah Halaman          : 108 halaman
Tahun Terbit                : 2012

Sekilas Tentang Penulis        :
Sumber : http://www.staff.uny.ac.id

            AriyadiWijaya, M.Sc. dosen di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas NegeriYogyakarta (UNY) yang lahir pada tanggal 16 Juli 1982 di Banjarnegara, Jawa Tengah. Pada tahun 2004 penulis menyelesaika S1 di Jurusan pendidikan Matematika Universitas negeri Yogyakarta dengan predikat cum laude. Gelar Master dalam bidang Research and Development in Mathematics Education diperoleh dari Freudenthal Institute Utrecht University, Belanda pada tahun 2008 dengan predikat cum laude. Pada tahun 2009, penulis mengikuti short course on Teaching Content through English di University of Melbourne, Australia. Selama menempuh short course tersebut, penulis secara khusus mempelajari Content Language Integrated Learning (CLIL) yaitu tentang bagaimana mengajar (khususnya matematika) dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai language of instruction. Pada awal 2011, penulis kembali ke Utrecht University untuk menempuh program doktor dalam bidang Pendidikan Matematika dengan fokus penelitian dalam bidang assesment.

Ulasan Buku                          :

Sumber : http://www.grahailmu.co.id
            Sebagai pembuka dalam memahami isi buku ini, pembaca diajak untuk bercakrawala dengan mengenal Programme for International Student AssesmentI (PISA). PISA merupakan suatu proses dalam lingkup internasional yang memiliki tujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menerapkan ilmu pengetahuan yang sudah dipelajari melalui pendidikan. Dalam prosesnya, PISA menyajikan masalah berbasis soal yang berkaitan dengan dunia nyata (real-world problem). Dalam riwayat PISA, Indonesia telah turut berpartisipasi sejak PISA pertama kali di adakan, yakni pada tahun 2000. Untuk hasil PISA pertama, Indonesia memperoleh hasil yang sangat kurang memuaskan dan berada dalam posisi 39 dari 41 negara yang turut dalam PISA Matematika pertama tahun 2000. Kemudian pada PISA 2003, siswa Indonesia masih dalam kategori belum memuaskan yakni berada pada ranking posisi 38 dari 40 negara. Tidak jauh berbeda kemudian pada PISA 2006 dan PISA 2009, secara berturut Indonesia berada pada posisi 50 dari 57 negara dan posisi 61 dari 65 negara peserta PISA.
            Seperti yang tertera dalam ulasan buku di atas, bahwasanya PISA merupakan proses dalam lingkup internasional yang memiliki tujuan untuk mengukur kemampuan siswa, penyajian masalah berbasis soal yang berkaitan dengan dunia nyata. Sebagai salah satu alternatif dalam memajukan tingkat pemahaman dan menaikan rangking dalam ajang PISA, dapat digunakan pendekatan pembelajaran matematika yang tentunya sejalan dengan tujuan PISA dalam menerapkan konsep matematika sebagai aspek penting pembelajaran matematika adalah Pendidikan Matematika Realistik. Pendekatan Matematika Realistik merupakan suatu pendekatan atau metodologi pembelajaran yang dilandasi oleh pandangan Hans Freudenthal, yaitu menempatkan matematika sebagai suatu bentuk aktivitas manusia (Mathematics as a human activity). Pendidikan Matematika Realistik tidak hanya bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan penalaran matematika, namun juga dapat menjadi alternatif untuk mengembangkan kreativitas dan komunikasi peseta didik. Buku dengan judul, PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK; Suatu Alternatif Pendekatan  Pembelajaran Matematika, ini, tidak hanya membahas dan mengulas sisi teoritis dan Pendidikan Matematika Realistik, akan tetapi juga dilengkapi dengan beberapa contoh penggunaan Pendidikan Matematika Realistik.

Kelebihan Buku                    :

            Buku ini, sangat layak dibaca baik bagi mahasiswa calon pendidik maupun bagi tenaga pendidik aktif. Buku ini berisi pendekatan-pendekatan atau metodologi di mana cara dan aturannya dapat dijadikan sebuah alternatif bahan ajar bagi tenaga pendidik. Tidak hanya tenaga pendidik dalam hal pendidikan matematika, semua bidang bahkan dapat menjadikan buku ini sebagai sebuah inspirasi dan kemudian disesuaikan dengan kebutuhan bahan ajar masing-masing.

Kekurangan Buku                :


            Kekurangan buku ini saya rasa hanya sebab dari pendeknya pengetahuan pembaca, yaitu diri saya sendiri, adalah kurang dapat memahami beberapa istilah asing yang dalam penulisan buku banyak penggunaan istilah asing.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Teropong Mahasiswa - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -